Header Ads

Jenis Jenis Freon serta Pengertian dari freon

Jenis Jenis Freon serta Pengertian dari freon


Freon adalah salah satu produk dari Chemours. Chemours sendiri merupakan perusahaan spin-off dari perusahaan kimia DuPont untuk memproduksi Teflon, Titanium dioxide, Viton, Opteon, dan juga Freon.

Sebenarnya ini salah kaprah, karena kata ‘freon’ kita gunakan untuk menyebut semua refrigeran yang digunakan di dalam mesin AC. Sama seperti kita menyebut ‘aqua’ sebagai eponym dari semua air minum dalam kemasan, apapun merknya. Kita juga menyebut ‘ayam goreng kentucky’ untuk semua jenis ayam goreng tepung yang crispy.

Refrigeran adalah cairan yang digunakan dalam proses pertukaran panas di dalam AC yang menyebabkan AC dapat bekerja mendinginkan suatu ruangan. Proses ini merupakan siklus tertutup. Refrigeran pada ac tidak terbuang melainkan diubahkan dari fasa cair ke gas dan kemudian kembali lagi menjadi cair. Demikian seterusnya. Pada proses perubahan fasa ini terjadi penyerapan dan pelepasan panas sesuai prinsip termodinamika.

Sekitar pada tahun 1990-an, kita mendapat berita bahwa refrigeran yang digunakan secara luas dalam AC ternyata merusak lapisan pada ozon. Lapisan ozon merupakan lapisan yang terdapat pada atmosfir bumi yang menyaring sinar Ultra Violet dari matahari. Jika lapisan ini menipis, maka bumi akan terpapar sinar matahari yang mematikan ini. Refrigeran CFC (chlorofluorocarbon) mulai dilarang untuk digunakan.

R22 adalah refrigeran yang umum digunakan dalam mesin pendingin seperti AC dan kulkas. Refrigeran HCFC (hydrochlorofluorocarbon) ini menggantikan refrigeran CFC. Tetapi refrigerant ini masih berbahaya bagi lingkungan karena mengandung klorin. Pada tahun 2015, pemerintah di Indonesia melakukan HPMP (HCFC Phase-out Management Plan). Refrigeran R22 dilarang untuk digunakan dalam industri dan melarang impor produk yang menggunakan R22. Saat ini pihak dealer dan toko masih menjual produk mereka hingga stok habis serta melayani purna-jual hingga 2030. Direncanakan pada tahun itu Indonesia sudah bebas R22.

Jenis Jenis Freon

1. Freon R22

Jenis freon yang ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon yang memiliki nilai 0.05 apabila dibandingkan dengan jenis freon yang lainnya yang hanya bernilai 0. Tetapi, freon jenis ini tidak mudah terbakar.

Akan tetapi, di Indonesia, peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh karena itu, semua pabrik AC di Indonesia dilarang untuk memproduksi, mengimpor atau juga bahkan menjual produk dari AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

2. Freon R410A

Jenis freon AC yang satu ini biasanya digunakan pada tipe AC inverter. Berbeda dengan freon jenis R22, freon jenis yang satu ini tidak memiliki potensi perusakan pada ozon. Sedangkan untuk potensi pada pemanasan global, freon jenis satu ini memiliki nilai yang agak bahkan cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis R22. Sama seperti dengan jenis R22, jenis freon R410A ini juga tidak mudah untuk terbakar.

3. Freon R32

Jenis freon yang satu ini telah ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan kemudian mulai digunakan di line up AC mulai pada tahun 2013. Jenis freon yang ini lebih ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan freon jenis R410A dan juga memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A. Walaupun memiliki potensi yang mudah untuk terbakar, freon jenis satu ini masih aman apabila digunakan untuk AC pada rumah tangga.

4. Freon R290

Freon jenis satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis freon yang lainnya. Tapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan juga tingkat mudah terbakarnya yang agak cukup tinggi, banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis satu ini.

Apabila kalian memiliki keluhan atau masalah pada ac kalian kalian bisa menghubungi service ac jogja yang sudah melayani banyak pelanggan yang memiliki masalah pada ac mereka

mungkin cukup sekian yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat :)

No comments

Powered by Blogger.