Header Ads

Cara Tanam Kacang Tanah yang Mudah dan Benar

Syarat Tanam


Tanah

Gunakan tanah yang dalam keadaan gembur karena kacang tanah sangat menyukainya, oleh karena itu sebaiknya kalian bisa menggunakan media tanam dengan kandungan bahan organik yang tinggi.

Suhu

Penanaman kacang tanah sebaiknya dilakukan pada dataran rendah yang memiliki suhu yang tinggi. Ini sangat penting untuk dapat menjaga tanah agar tidak berlebihan air yang malah akan mudah merusak tanaman.

Curah Hujan

Kacang tanah tidak bersahabat dengan musim hujan, karena akan membuat kacang tanah berkualitas buruk bahkan berpotensi gagal panen. Oleh karena itu sebaiknya saat menanam kacang tanah saat musim kemarau untuk meminimalisir terjadinya gagal panen.

Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam harus benar benar dipersiapkan dengan baik supaya tanaman kacang tanah bisa berkembang dengan maksimal. Untuk mempersiapkan media tanam, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Menggemburkan tanah

Tanaman kacang tanah sangat menyukai tanah yang gembur, jadi proses pertama yang harus Anda lakukan adalah menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul atau pembajakan.

Apabila saat menanam terjadi perubahan musim secara mendadak, Anda harus mempersiapkan drainase dengan baik supaya air tidak tergenang.

Selain drainase, Anda juga bisa membuat bedengan dengan lebar 80-100cm dan tinggi sekitar 20-30cm untuk mencegah timbulnya genangan.

Berikan dolomit

Anda bisa menaburkan kapur pertanian atau yang biasa kita dikenal dengan nama dolomit sebanyak 1-2 ton per hektar. Taburkan tipis diatas tanah dan diamkan selama kurun waktu 5 hari.

Berikan pupuk kandang

Kalian bisa juga untuk menambahkan tambahan pupuk untuk kacang tanah berupa pupuk kandang yang sudah matang yaitu sebanyak 10 ton untuk setiap hektarnya.

Pemilihan Benih

Kalian juga bisa menggunakan benih yang dapat kalian beli di toko pertanian atau kalian juga bisa mengguunakan benih unggul yang berasal dari kacang tanah tua dengan umur sekitar 100 hari. Untuk menjaga kualitas sebaiknya penyimpanan benih hanya 3-6 bulan saja.

Ciri ciri benih kacang yang bagus dan sehat:


  1. Warnanya coklat kehitaman
  2. Tidak ada selaput saat cangkang dibuka


Perendaman Benih


Setelah mendapatkan benih yang bagus, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan perendaman menggunakan pupuk organik selama 3-5 jam sebelum bibit ditanam.

Tujuan perendaman ini sangat berguna dalam mecegah hama dan penyakit datang. Selain itu sangat berguna juga dalam mempercepat perkecambahan karena pupuk cair organik biasanya mengandung antibiotik alami yang sangat berguna untuk menekan berkembangnya pathogen pada benih.

Ini sangat menguntungkan karena dapat merangsang tumbuhnya hormon yang sangat berguna supaya proses perkecambahan bisa lebih cepat.

Proses Penanaman

Benih yang sudah selesai direndam sudah siap untuk ditanam. Untuk langkah yang selanjutnya kalian bisa membuat lubang sedalam 3 cm dan lakukan penanaman benih dengan jarak tanam ideal yaitu 40 cm x 20cm atau 40 x 10 cm. Dimana setiap lubang tanam ada 1 benih saja.

Proses Perawatan

Teknik perawatan adalah salah satu kunci utama dalam keberhasilan budidaya dari kacang tanah. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus kalain bisa perhatikan dengan baik.


  1. Mulai perawatan setelah kacang berumur 4-7 hari.
  2. Perhatikan baik baik benih yang tidak berkembang normal, segera cabut dan tanam ulang dengan benih baru.
  3. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore supaya benih tumbuh seragam.
  4. Apabila musim hujan, Anda bisa mengurangi intensitas penyiraman dan terus perbaiki drainase untuk mencegah air menggenang.


Pemupukan

Pemupukan penting dilakukan supaya kacang tanah dapat tumbuh serempak dan sesuai harapan. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dengan baik dan seksama.


  1. Perbanyak penggunaan pupuk organik dalam bentuk cair.
  2. Lakukan penyemprotan setiap satu minggu sekali.
  3. Semprotkan dibawah dauh setiap pagi atau sore hari.
  4. Penggunaan pupuk cair ini sangat efektif untuk mencegah berbagai penyakit tanaman dan hama.
  5. Selain itu penggunaan pupuk sangat efektif untuk percepatan tumbuhnya sulur bunga dan memaksimalkan jumlah polong yang dihasilkan.
  6. Bunga biasanya keluar pada kisaran umur yaitu 20 HST hingga umur 75 hari.
  7. Bakal dari buah atau ginifor biasanya terbentuk pada hari ke 3-4.
  8. Ginifor inilah yang nantinya akan tumbuh ke dalam tanah untuk dapat membentuk polong dari kacang tanah.
  9. Lakukan penyiangan untu membasmi gulma supaya kacang polong dapat tumbuh sempurna.

Pemanenan


Mesin Pengupas Kacang Tanah

Bagi kalian yang kesulitan dalam melakukan pengupasan kalian bisa menggunakan Mesin Pengupas Kacang Tanah agar pekerjaan kalian bisa menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien

No comments

Powered by Blogger.