Header Ads

Penyebab AC Bocor yang Terjadi Pada Indor Serta Cara Mengatasinya


Penyebab AC Bocor yang Terjadi Pada Indor Serta Cara Mengatasinya- Bagi kalian yang barusaja menemukan web ini, pastikan kalian juga membaca artikel tentang Penyebab Ac Tidak Dingin dan Tips Untuk Mengatasinya

Penyebab AC Bocor yang Terjadi Pada Indor Serta Cara Mengatasinya

AC Bocor Air Karena Selang Pembuangan Tersumbat Kotoran atau Lendir

Selang pembuangan yang tersumbat oleh lendir sering kali membuat AC bocor di bagian indoor. Bahkan dari kemungkinan yang menyebabkan kebocoran AC, ini yang paling umum dan sering terjadi.

Alasannya, AC yang sering di pakai akan selalu dalam kondisi dingin, nah pada kondisi itu debu yang masuk ke Indoor akan mengumpul dan menjadi lendir. Kotoran tersebut akan terbuang melalui selang pembuangan, karena air pembuangan AC itu tidak mengalir dengan deras, maka lendir-lendir tadi akan menyumbat di situ.

Kerusakan seperti ini bisa kita ketahui dengan melihat selang pembuang keluar air apa tidak saat AC dinyalakan, kalau tidak berarti tersumbat lendir itu tadi sehingga mengakibatkan kebocoran di bagian indoor.

Cara mengatasinya, silahkan service atau cuci AC anda kemudian jangan lupa untuk menyemprot bagian selang pembuangan sampai lendir-lendir tersebut keluar semua. Jika anda tidak dapat melakukan sendiri, anda bisa minta bantuan teknisi langganan yang biasa merawat AC anda tersebut.

Untuk mencegah kemungkinan hal tersebut terjadi, rawatlah AC dengan minimal service berkala 2 atau 3 bulan sekali.

AC Bocor Air Karena Kotor di Bagian Talang Belakang Indoor

Pemasalahan masih sama dengan poin pertama, bedanya kalau ini kotoran menyumbat di talang pembuangan bagian belakang indoor.

Biasanya ini terjadi untuk AC yang sudah di pasang lebih dari 2 tahun ke atas. Walaupun anda telah merawat AC secara rutin, hal tersebut bisa saja terjadi. Karena letaknya di belakang indoor, sehingga jika hanya service biasa saja tidak memungkinkan hal ini bisa benar-benar bersih.
Cara memperbaikinya, unit indoor harus di lepas atau di turunin kemudian di bongkar satu per satu lalu di cuci sampai benar-benar bersih, atau istilahnya Overhaul Air Conditioner. Sehingga AC seperti baru pertama kali di pasang.

Tentunya hal ini membutuhkan penanganan khusus, oleh sebab itu carilah teknisi yang sudah ahli dalam bidang tersebut. Karena kalau anda belum punya skil, di takutkan kerusakan malah tambah parah.

Tingkah Kemiringan Unit Indoor Tidak Rata

Jika kemiringan indoor di pasang tidak rata, maka dapat menyebabkan AC bocor air. Misalnya pada bagian lubang pembuangan lebih tinggi, tentu air tidak bisa kebuang dengan lancar.

Hal ini mengakibatkan air terkumpul di bagian talang depan, dan talang tersebut tidak dapat menambung banyaknya air, sehingga air meluber keluar.

Oleh karena itu, pastikan posisi indoor di pasang dengan tingkat kemiringan yang rata atau sejajar. Untuk mengantisipasi, posisikan lubang pembuangan air lebih rendah daripada bagian indoor sebelahnya.

Jika ternyata sudah terlanjur terpasang, anda bisa mengakalinya dengan memberi bantalan pada breaket di mana indoor tersebut di pasang. Dengan begitu maka bagian pembuangan menjadi sedikit lebih rendah dan air akan keluar dengan lancar.

Bocor Air Karena Proses AC itu Sendiri

Kebocoran ini sering kita kenal istilah kondensasi, yaitu di mana amarplex pembungkus pipa sudah tidak dapat menampung banyaknya air karena proses pengembunan. Selain itu, juga dapat disebabkan karena kurang rapatnya kita saat membungkus pipa tersebut menggunakan ductipe.

Penyebabnya bisa karena pipa AC sudah terlalu lama, atau pembungkus pipa tersebut kurang bagus. Sedangkan untuk solusinya kita harus mengganti amarplex dengan yang baru yang tentunya memiliki daya untuk meresap air lebih hebat.

Kemudian, pastikan juga pembungkus pipa juga terpasang dengan rapi dan rapat menggunakan ductipe, agar kemungkinan bocor karena kondensasi ini tidak terjadi.

Service Ac Jogja

Bagi kalian yang sedang mencari teknisi AC di sekitar wilayah jogja, maka service ac jogja akan menjadi pilihan yang tepat untuk dapat memperbaiki AC anda 


No comments

Powered by Blogger.