Header Ads

Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Macaroni


Pada kesempatan kali ini sata membahas tentang Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Macaroni, jadi pastikan kalian membacanya sampai habis agar kalian dapat memahaminya

Selain membuat tentang es dawet ireng khas purworejo, kali ini saya membuat tentang sup jagung

Resep dan Cara Membuat Sup Jagung Macaroni 

Waktu memasak 


  1. Persiapan: 35 menit 
  2. Memasak: 30 menit 
  3. Total: 65 menit 
  4. Jumlah porsi : 2 Porsi 

Bahan bahan


  • 1 buah jagung manis 
  • 1 genggam makaroni spiral 
  • 100 gram ayam fillet 
  • 2 batang sosis 
  • 1/2 batang wortel 

Bahan dan mumbu sup


  • 1/2 buah bawang bombay, rajang setipis mungkin 
  • 2 batang daun bawang, rajang halus 
  • 4 siung bawang putih dihaluskan 
  • 1 sendok teh merica bubuk 
  • 1/2 sendok makan garam 
  • 1 batang seledri, rajang halus 
  • 2 sdt tepung sagu, larutkan dengan air 600 ml air kaldu ayam/sapi 

Cara membuat

Tips mempersiapkan bahan utama


  1. Lakukan cara yang pertama terlebih dahulu mempersiapkan serta membersihkan bahan bahan utama agar nantinya ketika anda sedang memasaknya, maka anda akan lebih mudah untuk menyajikan hidangan yang sedap. Sebab bahan bahan utama ini harus dibersihkan dan juga dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak serta diolah menjadi hidangan yang enak dan juga lezat. 
  2. Untuk itu, sebelum anda memotongnya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan untuk memotong sayuran seperti tatakan, pisau dan juga wadah untuk menampung hasil potongan. Untuk sayuran pertama yang akan dibersihkan dan juga dipotong adalah jagung manis. Bersihkanlah terlebih dahulu jagung manis yang dari cangkang, rambut jagung dan juga bonggolnya secara merata. Jika semuanya sudah bersih, barulah pipil jagung atau sisirlah denga menggunakan pisau dan juga masukkanlah hasil pipilannya kedalam wadah, lalu sisihkanlah sementara. 
  3. Setelah selesai dengan jagung, lanjutkan dengan sosis. Untuk sosis ini, silahkan kalian iris melintang dengan ukuran kurang lebih dengan ukuran 1 cm dan juga masukkan dalam wadah yang berbeda. 
  4. Sementara untuk wortelnya, potonglah dadu dengan menggunakan pisau dan juga masukkan dalam wadah yang sama saat anda sedang memasukkan jagung kedalamnya. Lalu sisihkan sementara. 
  5. Untuk ayam, silahkan anda membersihkan terlebih dahulu fillet ayam dengan menggunakan air bersih dan kemudian buang bagian lendirnya. Angkat ayam yang sudha bersih dan juga potong dnegan bentuk dadu dadu. Lalu sisihkan juga. 
  6. Terakhir, silahka kalian bersihkan semua sayuran yang sudah dipotong tadi, kecuali makaroni, biarkan makaroninya tetap dalam keadaan utuh. 

Cara membuat


  1. Untuk yang pertama, silahkan kalian panaskan wajan diatas kompor dan juga masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak panas dan kemudian tumis bawang putih hingga tercium bau harum yang sedap. Setelah itu, masukkan potongan ayam kedalamnya. Aduk-aduk ayam hingga berubah warna. 
  2. Setelah itu, tuangkan air kedalamnya bersamaan dengan kentang, wortel dan juga jagung manis. Masak hingga mendidih dan matang secara merata. 
  3. Baru setelah itu, masukkanlah sosis yang sudah dipotong potong bersamaan dengan taburan bumbu seperti garam, merica, gula serta bumbbu kaldu. 
  4. Terakhir, masukkan macaroni dan kemudian masak hingga macaroni agak mengembang. Baru setelah itu kentalkan kuahnya dengan larutan mazeina dan kemudian masak hingga meletup-letup. Dan masukkan sisa bumbu yang masih ada. Aduk-aduk dan angkat.


Mungkin cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan di artikel ini, terimakasih :)

No comments

Powered by Blogger.