Header Ads

Cara Membuat Es Tebu Beserta Manfaatnya


Tebu merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat kita kenal karena sebagai bahan baku utama dalam pembuatan gula. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur didaerah yang memiliki iklim tropis seperti negeri kita tercinta ini, dan banyak dibudidayakan di Jawa dan juga daerah Sumatra.

Baca Juga : Resep Es Bongko Delima Menyegarkan Tenggorokan

Dalam pemanfaatan dari tanaman tebu yang paling utama ialah ada pada bagian batangnya yang digunakan untuk membuat gula tersebut, selain itu daun tebu yang telah dikeringkan juga dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar untuk memasak supaya lebih hemat.

Selain dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan gula, air perasan batang tebu sekarang juga dapat dijadikan sebagai minuman untuk pelepas dahaga yang rasanya sangat segar alami serta banyak orang yang mengenalnya sebagai minuman Es Tebu.

Selain itu mungkin bisa dibilang bahwa es Tebu sekarang menjadi salah satu trend minuman tradisional pada masa kini yang banyak disukai oleh banyak masyarakat, karena untuk saat ini di dibeberapa daerah banyak ditemukan para pedagang es tebu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan


  • 1KG Tebu
  • 500 ml air
  • 125 ml sirup vanili
  • Es batu secukupnya

Cara membuat


  1. Potonglah batang tebu dengan ukuran kurang lebih 1 meter kemudian kalian kupas kulit luarnya dan kemudian bersihkan.
  2. Giling tebu tebu tersebut dengan menggunakan alat penggiling untuk dapat diambil airnya. Jika tidak memiliki alat penggiling kalian bisa mmelakukannya dengan dipukul pukul dengan muntu atau dengan palu hingga menjadi agak pipih(namun jangan terlalu keras), kemudian peraslah airnya
  3. Saringlah sari tebu yang sudah didapat tersebut
  4. Jika sudah campurkanah dengan air dan juga dengan sirup kemudian diaduk sampai merata.
  5. Sajikan dengan es batu agar lebih segar.

Manfaat Tebu

1. Rendah kalori.

Segelas sari tebu dengan ukuran sekitar 300 mili liter dan memiliki setidaknya 111 kalori. Minuman ini juga memiliki kandungan gula alami serta mengandung protein dan juga karbohidrat.

2. Membantu mengurangi bobot tubuh.

Sari tebu mengandung gula alami dan juga tidak memiliki kandungan lemak. Mengonsumsi minuman ini secara rutin dapat untuk membantu mengurangi bobot tubuh yang kamu miliki.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Sari tebu dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga dapat memenuhi kebutuhan energimu. Tingginya energi dan juga metabolisme sangatlah penting ketika kamu berencana menurunkan berat badan.

4. Melancarkan pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi dari minuman sari tebu tersebut membuatnya sangat baik untuk dapat melancarkan pencernaan. Hal ini juga dapat untuk mencegah konstipasi dan juga mempermudah pencernaan di perut.

5. Baik untuk kesehatan hati.

Minuman sari tebu sangatlah baik untuk dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang berhubungan dengan hati. Minuman ini juga dapat untuk menjaga tingkat elektrolit di tubuh karena kandungan alkalin yang terdapat di dalamnya.

6. Mengobati jerawat.

Minuman sari tebu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minuman ini memiliki kandungan asam glikolik yang baik bagi tubuh serta dapat mengurangi masalah pecahnya jerawat.

7. Mengurangi bau napas dan karang gigi

Minuman sari tebu memiliki kandungan sejumlah mineral seperti kalsium dan juga fosfor yang dapat membantu memperkuat email dan juga melindunginya dari kerusakan. Minuman ini juga dapat untuk menghilangkan bau napas yang biasa muncul karena kurangnya nutrisi.

8. Mencegah kanker.

Salah satu kandungan paling luar biasa dari minuman tebu yang satu ini ialah dapat untuk mencegah sejumlah jenis kanker seperti kanker prostat dan juga kanker payudara. Kandungan flavanoid pada tebu dapat untuk melawan berkembangnya sel kanker yang ada pada tubuh.

Alat Pemeras Tebu

Bagi kalian yang kesulitan saat memeras tebu, kalian dapat menggunakan mesin pemeras tebu agar pekerjaan kalian menjadi lebih cepat dan lebih efisien

Sumber
http://kiostips.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-es-tebu-segar-nikmat.html
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/8-manfaat-sari-tebu-bagi-kesehatan-bisa-cegah-kanker-1907243.html

No comments

Powered by Blogger.