Header Ads

Cara Menanam Bawang yang Baik dan Juga Benar


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menanam Bawang yang Baik dan Juga Benar, jadi simak sampai habis agar kalian dapat memahaminya

Selain membahas tentang Cara Merajang Bawang Merah Agar Tidak Menagis, kali ini saya membahas tentang cara menanam bawang

Cara Menanam Bawang yang Baik dan Juga Benar

1. Pemilihan benih bawang merah

Dalam budidaya bawang merah sangat penting dalam pemilihan benih yang memiliki kualitas. Pilihlah benih bawang merah yang sehat dan juga yang dipanen tua, antara 80 sampai dengan 100 hari.

Selanjutnya benih bawang merah yang baik setidaknya telah disimpan selama 2 sampai dengan 3 bulan. Ukuran benih sekitar 1,5 sampai dengan 2 cm dengan bentuk yang juga bagus, tidak cacat dan berwarna merah tua mengkilap. Kebutuhan benih bawang merah berkisar antara 1,4 sampai 2,5 ton, tergantung dari varietas, ukuran  benih serta jarak tanam yang akan dipakai.

2. Pengolahan tanah

Bajak lahan dengan kedalaman sekitar 20 cm. Kemudian buatlah gulutan dengan tinggi sekitar ± 50 cm, lebar ± 100 cm dan juga dengan jarak antar bedeng sekitar ± 50 cm. Setelah bedengan jadi tabur pupuk kandang diatasnya sebanyak 10 sampai 20 ton per hektar dan kemudian tabur dolomite sebanyak kira kira ± 1 ton per hektar (tergantung ph tanah) kemudian semprot dengan GDM Black BOS dengan dosis yaitu 1 gelas air mineral per tangkinya. Terakhir tutup bedengan tersebut dengna mulsa plastik
 

3. Jarak tanam bawang merah

Jarak antara tanam bawang merah yang digunakan pada saat musim kemarau adalah 15 x 15 cm atau saat musim hujan adalah sekitar 20 x 20 cm. 

4. Cara menanam bawang merah

Sebelum penanaman bibit bawang merah, sebaiknya kalian rendam umbi bawang merah selama kurun waktu 15 sampai 30 menit dengan mengunakan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan sayur yang bertujuan untuk dapat menghilangkan penyakit tular benih (Jamur dan juga bakteri pathogen yang menginfeksi umbi), serta mempercepat pertumbuhan umbi bawang.

Hal ini dikarenakan bakteri yang terkandung dalam pupuk organik cair GDM menghasilkan antibiotik untuk menekan pertumbuhan jamur & bakteri pathogen serta menghasilkan phytohormones yang berfungsi sebagai Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) sehingga pertumbuhan bawang merah akan lebih cepat dan juga menjadi serempak. Kemudian tanam umbi bawang merah rata dengan tanah dan juga setelah 7 hari sampai 10 hari setelah tanam bibit yang normal akan tumbuh menjadi merata.

5. Pemupukan

bukti nyata pupuk organik cair
pupuk organik cair GDM dapat merangsang pertumbuhan anakan umbi bawang menjadi banyak dan juga ukuran diameter umbi bawang merah kalian akan menjadi lebih besar

Setelah bawang merah sudah tumbuh, pada saat umur 7 hari setelah ditanam (HST) semprot dengan POC GDM dengan dosis yaitu dosis 2 gelas air mineral per tangki dan kemudian ulangi setiap 1 minggu sekali. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 09.00 WIB atau setelah jam 16.00 WIB. 

Sebelum kalian melakukan penyemprotan tersebut, cucilah tangki terlebih dahulu agar terbebas dari sisa sisa bahan kimia atau pestisida kimia yang menempel pada tangki agar bakteri GDM tidak mati serta bisa untuk dapat bekerja secara maksimal untuk pertumbuhan tanaman dan juga peningkatan hasil pada panen tersebut.
 
Bakteri yang terkandung dalam POC GDM dapat menghasilkan phytohormone sehingga dapat merangsang pertumbuhan anakan umbi bawang menjadi lebih banyak dan juga ukuran diameter umbi bawang merah akan menjadi lebih besar. Pupuk anorganik akan diberikan saat tanaman bawang merah memiliki umur 10, 20 dan 35 HST.
 

6. Pengairan dan penyiangan

Lakukan pengairan sesuai kondisi tanah dan tanaman, serta lakukan penyiangan gulma untuk menghindari persaingan memperoleh nutrisi antara gulma dan tanaman. Lakukan penyiangan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dengan melihat kondisi pertumbuhan gulma di lahan dan kemudian dilakukan sebelum aplikasi pemupukan susulan. Fungsi dari penyiangan juga bermanfaat untuk dapat meminimalisir serangan hama dan juga penyakit pada tanaman.

7. Umur panen bawang merah

Bawang merah dapat dipanen pada umur 55 sampai 90 HST tergantung dari varietas yang ditanam, jenis tanah dan juga ketinggian tempat.  Tanaman bawang merah yang siap panen mempunyai ciri ciri sebagaimana berikut :

Umbi bawang merah sudah terbentuk sempurna.
Umbi sebagian besar sudah muncul di permukaan tanah.
Prosentase daun bawang yang rebah sudah mencapai 80%.
Sebagaian besar daun berwarna kuning pucat.
Pada pangkal daun apabila dipegang menjadi lemas atau menjadi tidak kaku.

No comments

Powered by Blogger.