Header Ads

Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Enak


Pada kesempatan kali ini saya membuat mengenai Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Enak, jadi pastikan kalian menyimaknya sampai selesai

Selain membuat tentang cara membuat jus melon, kali ini saya membuat tentang selai kacang

Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Enak

Bahan:


  • 425 g kacang tanah tanpa kulit atau lebih baik lagi menggunakan versi organik, panggang
  • 1/4 sdt garam alami atau semisalnya rock salt atau garam organik Bali
  • 1 sdm madu (atau 20 g gula merah)

Cara membuat:


  1. Masukkan kacang ke dalam food processor (bukan blender). Proses dengan kecepatan rendah dan dengan menggunakan Pulse Mode hingga halus.
  2. Langkah menghaluskan terus dilakukan hingga kacang mencapai konsistensi creamy dan mengeluarkan minyak alaminya. Inilah alasan mengapa Anda tidak perlu menambahkan minyak sayur ke dalam deretan bahan.
  3. Masukkan sisa bahan. Proses hingga madu (atau gula merah) menyatu.
  4. Pindahkan ke dalam botol steril. Simpan di lemari es. Selai ini relatif tahan satu bulan dalam kondisi penyimpanan yang baik.

4 Tips dan Langkah Langkah Membuat Sendiri Selai Kacang atau Peanut Butter Homemade

1. Siapkan bahan

Bahan bahan yang dibutuhkan hanyalah bahan kacang, gula pasir, garam, dan juga minyak sayur saja. Selanjutnya, anda tinggal untuk mengolah ketiga bahan tersebut agar menjadi selai kacang yang gurih dan juga lezat. Jika ingin lebih sehat, anda bisa untuk mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun atau menggantinya menggunakan gula pasir dengan madu.

2. Olah kacang tanah

Untuk membuat selai kacang sendiri, anda bisa menggunakan kacang kupas atau kacang yang masih memiliki arinya. Ada dua cara untuk mengolah kacang: digoreng atau dapat juga dilakukan dengan cara dipanggang.

Jika anda ingin selai kacang yang rendah kalori dan juga lebih sehat, saya sarankan pilih menggunakan metode panggang. Warna selai yang dihasilkan juga bisa anda atur sesuai dengan selera anda. Goreng/panggang kacang hingga berwarna kuning keemasan untuk selai berwarna terang atau hingga warna kuning kecoklatan untuk selai yang lebih gelap.

3. Campur semua bahan menjadi satu

Setelah kacang matang dan juga dingin, masukan ke dalam blender atau food processor bersama dengan gula pasir, garam, dan juga minyak.

Campur semua bahan sampai menjadi halus. Jika blender atau food processor tersendat, anda bisa mematikannya sebentar kemmudian kalian aduk manual adonan selai kacang tadi. Setelah itu, kalian lanjutkan untuk menghaluskan hingga tekstur selai sesuai yang diharapkan.

4. Pindahkan selai kacang ke dalam jar atau menggunakan wadah kaca

Setelah selai kacang yang jadi, segera pindahkan ke dalam jar kemudian tutup dengan rapat. Anda dapat meletakkan botol selai kacang tersebut di atas meja makan, menyimpannya sebagai stok, atau kemudian langsung mengolahnya menjadi aneka makanan lezat sesuai dengan selera anda.

Sumber :
https://womantalk.com/recipe/articles/resep-selai-kacang-jauh-lebih-hemat-sehat-dan-enak-xqYN6
https://resepkoki.id/4-tips-langkah-membuat-sendiri-selai-kacang-atau-peanut-butter-homemade/

Terimakasih telah membaca artikel ini :)

No comments

Powered by Blogger.