Header Ads

Cara Menanam Tebu Yang Baik dan Benar


Budidaya tebu sangat bergantung pada iklim dan cuaca. Tebu akan tumbuh dengan sangat baik di daerah yang beriklim panas dengan suhu 25 sampai dengan 28°C dan juga memiliki curah hujan 100 mm/tahun.

Baca Juga : Cara Memeras Tebu Menggunakan Alat Pemeras Tebu

Jenis tanah yang paling baik dan juga cocok untuk ditanami tebu antara lain jenis alivial, regosol, podsolik, atau juga jenis mediteran. Kandungan pH dalam tanah yang paling baik adalah diantara 6,4—7,7. Hal ini penting dalam teknik budidaya agar dapat menghasilkan tebu yang memiliki kualitas yang baik. Selain itu, Anda juga perlu untuk memerhatikan hal hal berikut ini.

Cara Menanam Tebu Yang Baik dan Benar

1. Mempersiapkan Lahan dan Memilih Bibit Tebu

Tanah yang akan ditanami tebu perlu untuk dipersiapkan dengan dua cara, yaitu dibajak dan juga reynoso. Proses pembajakan bertujuan menggemburkan tanah yang kering. Sementara, proses reynoso ini dilakukan pada area yang memiliki banyak kandungan air.

Bibit tebu yang bisa digunakan ada 4 macam, diantaranya yaitu bibit pucuk, bibit batang muda, bibit rayungan, dan juga bibit siwilan. Bibit pucuk diambil dari tebu yang berumur 12 bulan dengan mengambil 2—3 tunas muda dengan panjang 20 cm. Bibit batang muda berasal dari tebu yang berumur 5—7 bulan. Bibit rayungan merupakan bibit tebu yang diambil dari pucuk tebu yang telahmati.

2. Proses Penanaman dan Waktu Penanaman Tebu

Waktu yang paling tepat untuk dapat memulai penanaman tebu adalah saat cuaca sedang cerah, yaitu antara bulan Oktober sampai pada bulan Desember. Teknik menanam tebu yang baik adalah menggunakan setek yang mempunyai 8 sampai dengan 9 mata tunas dengan jarak 1 meter setiap setek. Tiap setek ditanam pada juringan dengan memiliki kedalaman 1,25 sampai dengan 1,35 meter.

3. Perawatan

Perawatan tanaman tebu meliputi pada penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan, dan juga penanganan hama serta penyakit. Penyiraman sebaiknya dilakukan setelah proses pemupukan dan juga paling lama adalah 3 hari setelah dilakukan pemupukan.

Sementara itu, penyulaman perlu dilakukan untuk dapat mengganti pohon atau juga bibit tebu yang tidak tumbuh dengan baik. Proses ini dapat dilakukan pada bibit bagal yang memiliki umur 2 sampai dengan 4 minggu dan bibit rayungan yang memiliki umur 2 minggu.

Proses penyiangan dapat dilakukan dengan mencangkul dan juga memotong gulma yang dapat mengganggu. Proses memupuk dilakukan dengan menggunakan pedoman pemupukan P3GI. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk ZA, SP36, dan juga pupuk KCL. Pemupukan dapat diberikan secara bertahap dan juga menyesuaikan kebutuhan tanaman tebu juga lahan.

Sementara itu, hama yang paling sering menyerang tanaman tebu, terutama pada masa pembibitan adalah ulat penggerek. Untuk mencegahnya, perlu untuk  dipilih varietas tebu yang dapat tahan hama. Selain itu, bisa juga menggunakan predator alam, yaitu Trichogama sp dan lalat jatiroto. Atau, dengan menyemprotkan Thiodan 35 EC.

Manfaat Dari Tebu

1. Turunkan Kolesterol

Minum jus tebu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini sebagai pemicu banyak jenis penyakit yang mematikan dalam jangka panjang. Karena itu, Anda bisa terlindung dari penyakit kardiovaskular yang membahayakan.

2. Tulang dan Gigi Kuat

Mengunyah tebu membuat gusi jauh lebih kuat. Hal ini juga kaya akan kalsium, yang membantu perkembangan tulang dan gigi yang lebih kuat. Anda harus memakan tebu utuh untuk mengambil sarinya, daripada harus diproses dengan mesin.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Saat mulut terasa bau dan juga merasa tidak nyaman, minumlah jus tebu. Tebu memiliki kandungan sumber mineral yang membuat enamel gigi agar tetap terjaga. Di samping itu, makan tebu juga dapat untuk memperkuat gigi Anda, sehingga fungsinya akan baik.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus tebu kaya akan antioksidan yang melawan infeksi dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Anda tentunya dapat untuk mendapat perlindungan dari penyakit flu, batuk, ISPA dan juga penyakit infeksi lainnya.

5. Melawan Infeksi Saluran Kemih

Wanita rentan dengan masalah infeksi saluran kemih. Dampaknya tentu sulit untuk buang air kecil dan juga bisa bisa area ginjal menjadi tidak nyaman. Anda harus mencegahnya agar tidak mengalami gangguan akibat dari ISK yang membahayakan.

Sumber :
https://www.pertanianku.com/cara-budidaya-tebu-agar-hasil-melimpah/
https://lifestyle.okezone.com/read/2017/12/12/481/1828992/5-manfaat-minum-air-tebu-murni-setiap-hari-bagi-kesehatan

No comments

Powered by Blogger.