Header Ads

Cara Membuat Gula Pasir Mudah Sendiri Dirumah


Kali ini saya akan membahas Cara Membuat Gula Pasir Mudah Sendiri Dirumah, jadi kalian simak sampai habis agar kalian dapat membuatnya sendiri dirumah

Selain membuat tentang cara membuat es tebu, kali ini saya membuat tentang cara membuat gula pasir

Cara Membuat Gula Pasir Mudah Sendiri Dirumah

1. Penyadapan Air Nira

Proses pertama yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan penyadapan air nira dari tebu atau dari pohon aren. Karena air nira inilah yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan dari gula pasir.

Penyadapan air nira ini akan kita lakukan sebanyak dua kali, yaitu pada pagi dan sore hari. Kalau untuk tahap awal pembuatan, saya sarankan untuk sebaiknya jangan langsung membuat banyak dulu, paling gak kita bisa coba 1 sampai 2 liter air nira. Nanti kalau sudah berhasil baru ke depannya bisa produksi lebih banyak lagi.

2. Pemasakan Air Nira

Setelah air niranya itu sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan pemasakan. Air nira yang sudah kita sadap tadi sebaiknya langsung segera untuk dimasak dengan cara dipanaskan selama kurun waktu 5 sampai dengan 6 jam, karena kalau air niranya itu cuma kita diamkan terlalu lama, nanti malah berubah jadi arak dan gak akan bisa diproses jadi gula.

Proses dari pemasakan air nira ini dapat kita lakukan sampai air niranya benar benar sudah mengental dan juga airnya memiliki warna cokelat kekuning kekuningan.

Tapi perlu kita perhatikan, bahwasanya waktu dari proses pemasakan, air niranya ini harus kita saring untuk dapat membuang kotorannya yaitu berupa serpihan dari sabut tanaman dari tebu atau juga pohon aren serta buih buih yang ada disekeliling air pada niranya, karena kalau kita tidak membuang kotorannya itu, gula yang akan dihasilkan nanti menjadi berasa pahit.

Proses pemasakan dari air nira ini dapat kita hentikan kalau air niranya sudah mulai mengental seperti kentalnya dodol. Setelah itu adonan niranya kita angkat dari tungku perapian tersebut untuk selanjutnya dapat kita lakukan proses pengadukan atau proses pengkristalan.

3. Pengkristalan

Langkah yang dilakukan selanjutnya adalah proses pengkristalan, tujuannya itu adalah untuk membuat adonan niranya itu jadi berupa butiran butiran gula kristal. Jadi, adonan gula yang telah mengental tadi kita dinginkan untuk sebentar saja, kemudian kita dapat memasukkan ke dalam mesin pembuat gula untuk dapat dilakukan pengadukan agar menjadi butiran butiran kristal.

Proses ini kita lakukan kurang lebih selama kurun waktu 1 jam, Hal ini dilakukan sampai adonan gulanya menjadi butiran butiran yang halus yang merupakan gula pasir yang organik, tapi butiran ini masih belum seragam ukurannya, makanya masih perlu kita lakukan pengadukan sampai benar benar sampai  halus.

4. Pengayakan

Kalau adonan gulanya itu tadi sudah terbentuk menjadi suatu butiran butiran, langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah dengan menyaring gulanya dengan menggunakan kawat ayakan yang terbuat dari bahan stainless steel, hal ini memiliki tujuan agar kita bisa mendapatkan gula kristal dengan ukuran yang sama besarnya.

5. Pengemasan

Tahap terakhir itu pengemasan. Gula pasir organik yang sudah jadi bisa segera kita kemas di dalam wadah kaca atau dalam wadah plastik, yang penting harus kering dan juga tertutup rapat.

Sumber : https://mesingula.wordpress.com/tag/cara-membuat-gula-pasir/

Terimakasih telah berkunjung ke artikel saya kali ini :)

No comments

Powered by Blogger.