Header Ads

Penyebab Ac Rusak yang Sering Terjadi Beserta Kemungkinannya


Penyebab Ac Rusak yang Sering Terjadi Beserta Kemungkinannya - Selain membahas hal ini sebelumnya kami juga membahas mengenai Resep Kentang Krispi

Debu yang Menumpuk


Cara kerja AC adalah menyedot udara kotor dari luar ruangan, lalu disaring oleh AC sehingga udara yang masuk adalah udara hasil penyaringan yang bersih. Penyaringan yang terjadi pada udara pada sistem kerja AC itulah yang menyebabkan banyak debu menumpuk dan kemudian mengakibatkan tidak maksimalnya penyaringan yang terjadi pada AC.

Dan kemungkinan rusaknya AC  biasanya disebabkan oleh hal tersebut. Debu dan kotoran yang terperangkap pada filter AC akan menghambat jalur dari saluran pembuangan AC yang dimana hal tersebut akan membuat air menjadi keluar dari AC melalui lubang lain pada mesin.

Tak hanya merusak system kerja AC, debu dan kotoran yang menumpuk juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan pada manusia, seperti asma atau bahkan alergi. Itu dikarenakan AC tidak dibersihkan secara teratur, sehingga jamur dan bakteri akan tumbuh subur dan membuat udara AC menjadi kotor.

Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin pada bagian-bagian AC,s eperti saringan udara, kipas (blower), dan evaporator agar terbebas dari debu dan kotoran.

Freon mengalami kebocoran


Freon yang bocor bisa terjadi karena ada pipa saluran yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh banyaknya kotoran dan debu. Namun penyebab lain adalah  karena kendurnya sambungan instalasi pipa atau terdapat masalah kapasitornya .

Anda bisa menandai kerusakan AC akibat freon bocor dengan melihat apakah muncul bunga es pada pipa sambungan dengan outdoor atau Anda juga bisa mengecek apakah ada bekas oli pada daerah yang bocor.

Anda bisa menggunakan busa dengan air sabun untuk mencari titik kebocoran.Masalah bocornya freon biasanya terletak pada pengggunaan AC yang lebih dari 8 tahun sehingga bagian-bagian AC telah banyak berkarat dan ada beberapa baut yang telah kendur.

Pemasangan AC yang Tidak Tepat


Saat Anda telah membeli dan hendak memasang AC. Anda harus lebih memperhatikan posisi dimana AC akan dipasang nantinya. Sembarangan dalam memasang AC akan membuat usia pemakaiannya akan menjadi lebih singkat.

Hal ini sering menjadi hal yang paling luput dalam pemasangan AC yang dilakukan di rumah Anda. Walaupun terlihat hal yang sepele, faktanya, AC seringkali mengalami insiden kebocoran yang diakibatkan akibat pemasangannya yang tidak tepat. Perlu diingat dan diperhatikan, Anda harus memasang AC dengan posisi agak miring ke bagian belakang dan arah ke luar.

Hal ini bukanlah tanpa tujuan, melainkan jika AC berada pada posisi tersebut, maka akan memudahkan air mengalir ke saluran pembuangan. Jika tidak diposisikan seperti petunjuk diatas, air bisa saja bocor dan menyebabkan lantai ruangan basah juga kotor karena air tidak tertampung dengan baik.

Membiarkan AC Terus Menyala


Kebiasaan yang satu ini paling sering dilakukan oleh pengguna AC,dan mungkin Anda juga salah satu diantaranya. Sekalipun terdengar sepele, mematikan AC saat tidak digunakan merupakan langkah awal yang baik.

Dengan hal yang sekecil itu, dampak positif yang akan kalian dapatkan adalah kalian akan memperpanjang usia pada pemakaian AC. Selain memperpanjang usia pemakain AC,anda juga diuntungkan dengan tagihan listrik yang tidak terlalu membengkak karena Anda yang mengurangi konsumsi daya listrik dirumah Anda sendiri.

Selain berdampak pada diri positif pada diri sendiri,mematikan AC juga salah satu tindakan berarti untuk mencegah terjadinya penipisan lapisan ozon di atmosfer.

Service Ac Jogja


Apabila kalian memiliki keluhan atau masalah pada ac kalian kalian bisa menghubungi service ac jogja yang sudah melayani banyak pelanggan yang memiliki masalah pada ac mereka

Sumber : https://halojasa.com/blog/blog/2019/09/03/penyebab-ac-sering-rusak-berikut-beberapa-kemungkinannya/

Terimakasih sudah membaca artikel kali ini

No comments

Powered by Blogger.